Berdayakan Mahasiswa Praktik di Desa Adat, UBD Laksanakan Kerja Sama dengan Desa Adat Kebon Tegallalang

1653304900.jpg

Universitas Bali Dwipa (UBD) laksanakan kerjasama melalui penandatanganan naskah MoU (Momorandum of Understanding) dengan Desa Adat Kebon Tegallalang bertempat di Pura Dalem Desa Adat Kebon, Kedisan, Tegalallang. Acara penandatangan kerjasama ini diwakili oleh Dekan Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial (FHIS) Ni Made Gandhi Sanjiwani S.Par., M.Sc, didampingi oleh Dekan Fakultas Teknologi dan Ilmu Kesehatan (FTIK)  Ni Putu Sri Arnita S.PD., M.Erg  turut disaksikan oleh Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gede Mayun, S.H. beserta jajarannya  pada Minggu, 22 Mei 2022. 

Dekan Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial mengatakan kerjasama ini dilakukan agar dapat mengoptimalkan kompetensi lulusan mahasiswa UBD melalui implementasi praktik penggarapan film dokumenter prosesi ritual ngratep barong sesuhunan di Desa Adat Kebon yang berlangsung di hari tu. Disamping itu, pendatanganan kerjasama juga dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi UBD diantaranya pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ni Putu Sri Arnita S.PD., M.Erg selaku Dekan FHIS menambahakan kegiatan ini telah disusun dengan outcome dan output yang jelas bagi masyarakat di Desa Adat Kebon. “Implementasi Pengabdian kepada Msyarakat (PKM) yang dilakukan diharapkan dapat menghasilkan produk unggulan berupa film dokumenter yang dapat digunakan oleh masyarakat adat sebagai media informasi pelestarian seni – budaya kepada generasi muda dan sarana promosi kearifan lokal di desa adat kepada masyarakat.”

 

Bendesa Adat Kebon, I Made Pasek sangat mengapresiasi kerjasama dengan UBD. “Kerjasama ini sangat penting dan output kerjasama ini sangat jelas bermanfaat bagi masyarakat di Desa Adat Kebon. “ Kedepan diharapkan, UBD dan Desa Adat Kebon dapat berkolaborasi dalam menyukseskan berbagai program yang telah disusun di desa adat.  

Kembali Ke Halaman Berita