Program Studi Teknik Biomedis


Visi :

Menjadi program studi yang terkemuka dan bermutu secara nasional dan internasional dalam pengembangan dan penerapan IPTEK di bidang teknik biomedis berbasis kesehatan.

Misi :

  • Menghasilkan lulusan dengan kualifikasi standar internasional di bidang teknik biomedis berbasis kesehatan yang berkualitas, profesional, mandiri, berjiwa kewirausahaan, beriman dan berbudi luhur serta memiliki daya saing tinggi.
  • Menghasilkan kegiatan penelitian dan pengembangan IPTEK di bidang teknik biomedis berbasis kesehatan yang berwawasan lingkungan, berbasis potensi sumberdaya dan kearifan lokal untuk peningkatan kualitas hidup manusia
  • Menyebarluaskan hasil penelitian dan pengembangan IPTEK di bidang teknik biomedis berbasis kesehatan yang ramah lingkungan untuk peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan umat manusia.
  • Terciptanya jalinan kerjasama yang baik (networking) dalam ruang lingkup regional, nasional dan global, guna menghasilkan lulusan yang bermutu dan berstandar internasional.

TENTANG PRODI TEKNIK BIOMEDIS

Teknik Biomedis adalah pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam bidang medis. Bidang ini menggabungkan kemampuan desain dan pemecahan masalah seorang insinyur dengan ilmu medis dan ilmu biologi di bidang kedokteran, seperti diagnosa, pengawasan, dan terapi Bidang ini telah berkembang dengan pesat di negara-negara maju sejak lebih dari 50 tahun yang lalu, menciptakan kebutuhan tenaga kerja dengan keahlian khusus dalam bidang instrumentasi dan peralatan kedokteran, pengolahan data dan citra medis, hingga pengembangan sistem informasi kesehatan. Sistem Biomedis memberikan dukungan bagi para profesional medis dalam melakukan prosedur medis termasuk pengumpulan data, analisis, diagnosis, dan terapi. Untuk mengembangkan bidang lintas disiplin ini, diperlukan ilmu dan teknik dasar, termasuk dasar elektronika dan lanjutan, komputer, anatomi dan fisiologi, fisika biomedika, transduser biomedis dan instrumentasi, serta desain sistem biomedis.


PRODI TEKNIK BIOMEDIS BELAJAR APA SAJA?

Teknik Biomedis adalah pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam bidang medis. Bidang ini menggabungkan kemampuan desain dan pemecahan masalah seorang insinyur dengan ilmu medis dan ilmu biologi di bidang kedokteran, seperti diagnosa, pengawasan, dan terapi Bidang ini telah berkembang dengan pesat di negara-negara maju sejak lebih dari 50 tahun yang lalu, menciptakan kebutuhan tenaga kerja dengan keahlian khusus dalam bidang instrumentasi dan peralatan kedokteran, pengolahan data dan citra medis, hingga pengembangan sistem informasi kesehatan. Sistem Biomedis memberikan dukungan bagi para profesional medis dalam melakukan prosedur medis termasuk pengumpulan data, analisis, diagnosis, dan terapi. Untuk mengembangkan bidang lintas disiplin ini, diperlukan ilmu dan teknik dasar, termasuk dasar elektronika dan lanjutan, komputer, anatomi dan fisiologi, fisika biomedika, transduser biomedis dan instrumentasi, serta desain sistem biomedis. Teknik biomedis terbilang suatu cabang ilmu medis yang baru jika dibandingkan dengan ilmu teknik lainnya, merupakan suatu hal yang lumrah ketika dua cabang ilmu membentuk ilmu interdisipliner baru. Aplikasi teknik biomedis yang paling ternama yaitu prostetik biokompatibel, berbagai peralatan medis seperti implan mikro, alat pencitraan seperti Magnetic Resonance Imaging dan Electroencephalogram, pertumbuhan jaringan regeneratif, obat-obatan farmasi, dan terapi biologis.

PELUANG KARIR LULUSAN TEKNIK BIOMEDIS


CLINICAL ENGINEER | BIOMEDICAL DESIGN ENGINEER | RESEARCH SCIENTIST

TERTARIK BERGABUNG BERSAMA PRODI DI UNIVERSITAS BALI DWIPA ?

Daftar Sekarang !

Daftar