Optimalkan Kompetensi Lulusan, SMK PGRI 2 Gianyar Gandeng Universitas Bali Dwipa

1652155059.jpeg

Sebelum resmi pengumunan kelulusan, siswa kelas 12 SMK PGRI 2 Gianyar diberikan workshop kesiapan menghadapi di dunia kerja.

 

Kepala SMK PGRI 2 Gianyar, I Nyoman Budiana mengatakan SMK PGRI 2 Gianyar merupakan sekolah yang konsen dengan jurusan pariwisata. Sehingga siswa yang akan lulus nantinya sudah siap secara kompetensi dan juga secara mental. Diketahui, biasanya mereka masih merasa kurang percaya diri karena hanya berbekal lulusan SMK. Namun, lulusan nanti akan semakin percaya diri ketika sudah memperoleh pelatihan. Sebanyak 39 siswa sangat antusias mengikuti kegiatan yang dibawakan 2 orang narasumber dari Universitas Bali Dwipa.

Pelatihan kesiapan menghadapi dunia kerja akan selalu dilaksanakan setiap tahun, yakni sebelum siswa kelas 12 lulus dari sekolah. Pelatihan ini dimaksud untuk meningkatkan kompetensi lulusan terutama tentang kepercayaan diri lulusan menghadapi pekerjaan. “Siswa tidak akan merasa canggung ketika mereka langsung bekerja, walaupun hanya lulusan SMK,”papar Budiana, di SMK PGRI 2 Gianyar, Banjar Bakbakan, Desa Petak, Gianyar, beberapa waktu lalu.

Dekan Fakultas Ilmu Teknologi dan Kesehatan, Ni Putu Sri Arnita S.PD., M.Erg mengatakan kalau pelatihan semacam ini merupakan upaya menyiapkan siswa ke dunia kerja. Pelatihan atas inisiatif sekolah ini juga diharapkan meningkatkan kompetensi dan kepercayaan diri siswa nantinya. Pihak kampus, khususnya Universitas Bali Dwipa sangat mengapresiasi kemauan sekolah untuk mengisi kegiatan dimaksud.

Pelatihan hanya diberikan sehari dengan dua narasumber, yakni dekan Fakultas Teknologi dan Kesehatan FTIK) dan dekan Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial, Ni Made Gandhi Sanjiwani, S.Par,.M.Sc, kedua narasumber memberikan motivasi dan strategi siswa dalam menyambut dunia kerja.

Kembali Ke Halaman Berita